04/02/10

BAND LABEL vs BAND INDIE

Hidup ini takkan pernah lepas dari music. Musik merupakan alunan jiwa yang muncul dalam setiap hati manusia. Dan pemusik adalah bagian dari music,yaitu orang yang memiliki bakat dan kemampuan dalam hal memainkan music. Kadang,orang-orang yang merasa mempunyai bakat music akan mengembangkannya dan menerapkan dalam kehidupannya. Bisa dengan membuat perkumpulan pemusik atau bekerja dalam hal music. Para pemusik yang berkumpul atau membentuk sebuah group bisa terdiri dari beberapa pemusik dan terdapat vokalis. Karena dunia tarik suara juga takkan pernah lepas dari music. Ada sebuah keterkaitan bahwa pemusik membutuhkan penyanyi,dan penyanyi membutuhkan pemusik. Maka,para kumpulan pemusik itu biasa menamai diri mereke dan membentuk sebuah aliran music. Di dunia ini,yang paling popular adalah Group Band. Yang anggotanya terdiri dari pemain Drum,pemain keyboard, pemain gitar dan vokalis. Pemain gitar biasanya terdiri dari 3 jenis,yaitu gitar melody,ritem dan bass. Semua tergabung dalam sebuah group band dan menciptakan karya-karya music sesuai aliran yang mereka buat dan mereka anut. Ada banyak aliran music dalam group band. Ada aliran Pop, Blues, Rock n’ Roll, Rock,Jazz dan masih banyak komplikasi yang lainnya.
Sekarang ini, sudah banyak group band yang menghasilkan karya music dan mengesplorasikan karya mereka di muka public. Menjual karya music mereka sebagai sarana bekerja dan berkarya. Sebuah group band yang sukses mempunyai banyak akses dan organisasi yang mendukung mereka. Seperti produser music yang membuat label. Group band yang mengkhususkan diri untuk menghasilkan materi dalam pembuatan music,biasanya mengingkinkan pihak label untuk mempromosikan karya dan personil mereka. Memang,Group Band yang berada dalam naungan sebuah label biasanya mempunyai fasilitas yang lebih daripada Group Band yang berada dalam jalur Group Band Indie. Group Band Indie adalah group yang dalam hal pengoperasian dan promosi karya music band tersebut dilakukan secara input atau tanpa bantuan orang-orang se-profesional dalam Perusahaan Band Label.
Dalam perkembangan kini,banyak Group Band yang berlomba-lomba mencari Perusahaan Label untuk mendukung dan mensponsori Group Band mereka. Sebagai penyokong dana dalam pembuatan karya musik yang dalam hal ini menghasilkan materi bagi para pemusik. Adanya saling bagi hasil antara Group Band dengan Perusahaan Label yang menaungi mereka. Tapi banyak orang yang mempunyai pemikiran,tak semua Band yang dinaungi oleh perusahaan Label memiliki kualitas yang bagus. Karena, penikmat music harus jeli dan teliti dalam memilih music yang mereka dengarkan. Karena itu,banyak pengamat music yang bermunculan dan member komentar kepada para pembuat music.
Group band yang memilih mengeksplorasikan karya music mereka dalam jalur Indie,biasanya mempunyai lebih banyak kebebasan dalam bermusik. Tidak seperti Group band yang bernaung dalam perusahaan Label,group band dalam jalur Indie mempunyai banyak kebebasan. Karena group band indie mengorganisasi sendiri semua hal yang terdapat dalam pembuatan dan promosi karya music mereka. Group band Indie mengurus mulai dalam hal pemproduseran music,promosi karya music mereka dan pembuatan album serta konser-konser yang mereka adakan. Ini membuat group band Indie mempunyai banyak kebebasan dalam bermusik tanpa harus dibatasi oleh irang-orang dalam perusahaan band label. Dan biasanya,karya music yang di buat Group Band Indie mempunyai banyakk pilihan dalam aliran music. Ini membuat banyaknya variasi dalam bermusik. Group band yang dinanungi oleh perusahaan label,takkan khawatir dalam hal pendanaan. Dari proses pembuatan album,rekaman album,promosi album,sampai launching album dan tur ke kota-kota hingga Negara dalam promosi album yang mereka buat. Tapi berbeda dengan Group Band dalam jalur Indie yang kadang nama Group Band tersebut jarang terdengar ataupun muncul di televisi maupun konser tur. Hal yang cukup disayangkan memang,karena dalam hal keeksistensian Group Band sangat diperlukan untuk menjadikan Group Band tersebut mengenalkan karya music mereka. Walaupun begitu,sebagai penikmat sejati, kita mengharapkan adanya karya music yang berkualitas. Dari manapun asal dan aliran pemusik tersebut.

2 komentar:

Ervyn mengatakan...

Cie... cie... blognya masalah musik neh... wkwkwk....

MonikCoolest mengatakan...

hwhehehe..
HOLLAAA...

Om Ervin PERTAMAX!!
hwahahha^^

iyyaa... byar bisa debat masalah musik :PP

Posting Komentar